Sabtu, 12 November 2011

Ukuran Dalam Pengambilan Gambar (Shot)



·         ELS (extreme Long Shot)
Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandang  yang luas objek utama obyek lainnya tampak sangat kecil dalam hubungannya dangan latar belakang.

·         LS (Long Shot)
Shot jauh menyajikan bidang pandang yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS obyek masih di dominasi latar belakang yang lebih luas.

·         MLS ( Mendium Long shot )
Shot yang menyajikan bidang pandang lebih dekat daripada LS, obyek manusia biasanya di tampilkan dari atas lutut sampai di atas kepala.

·         MS ( medium Shot )
Di sini obyek menjadi lebih besar dan lebih dominan, obyek manusia di tampakan dari atas pinggang sampai di atas kepakla, latar belakang masih Nampak sebanding dengan obyek utama.

Ukuran Shot:
·         MCU  ( Medium Close Up)
Shot awal dekat, obyek di perhatikan dari bagian dada sampai atas kepala . MCU inilah yang paling sering dpergunakan dalam televise.
·         CU ( Close Up)
Shot dekat, obyek menjadi titik perhatian utama, didalam shot ini latar belakang Nampak sedikit sekali, untuk manusia ditampilkan wajah dari bahu sampai atas kepala.
·         BCU (Big Close Up ) atau Total Shot (TS) menyajikan seluruh tubuh.
·         Knee Shot ( Shot Lutut) menampilkan bagian lutut sampai atas kepala.  

      penuturan dalam iklan tv adalah sebuah rangkaian dari kesinambungan citra (image) yang menggambarkan kejadian kejadian dari berbagai titik pandang. Pemilihan angle kamera bias mempasisikan penonton lebih dekat dengan action.
Misal
·        - Posisi kamera jauh bias memberikan gambaran keindahan pemandangan yang menakjubkan.
·        - Posisi kamera lebih tinggi untuk memendang ke bawah pada proyek bangunan yang luas.
·       -  Posisi kamera lebih rendah untuk memberikan kesan kegagahan atau kewibawaan.


·         Angle kamera dapat memindahkan titik pandang dari seorang pemain kepada pemain lainya, ketika tekanan dramatic berubah dalam adegan.
·         Penoton dapat ditempatkan dimana saja untuk menyaksikan sesuatu dari segala sudut pandangan tertentu.
·         Tipe – tipe Angle kamera :
1.    Angle Kamera Obyektif
2.    Angle Kamera Subytektif
3.    Angle Kamera Point Of View
Menerjemahkan Storyline menjadi Gambar :
-          Sebuah iklan tv terbentuk dari sekian banyak shot. Tiap Shot membutuhkan penempatan kamera pada posisi yang paling baik bagi :
·         Pandangan mata penonton,
·         Tata set dan
·         Pergerakan pemainnya.
-          Menempatkan kamera pada suatu posisi akan menentukan angle kamera dan di pengaruhi oleh beberapa factor yaitu bias melalui analisa, bias melalui pengalaman, namun bias juga melalui intiuitif saja.
Angle kamera menentukan sudut pandang penonton serta wilayah yang bias diliput pada suatu shot.


Ada dua pertanyaan yang harus dijawab setiap kali akan melakukan set-up kamera yaitu:
1.    Apakah sudut pandang yang dipilih sudah merupakan pilihan yang terbaik?
2.    Berapa luas wilayah yang harus di sertakan ke dalam shot itu?

-          Pemeliharaan angle kamera yang baik akan bias memberikan suatu visualisasi dramatic dari cerita, sebaliknya pemilihan angle yang serabutan bias merusak bahkan membingungkan penonton.

-          Oleh sebab itu pemilihan angle kamera merupakan factor yang amat penting dalam membangun sebuah gambar dari interes yang berkesinambungan.



0 komentar:

Posting Komentar